Kamis, 27 Desember 2012

Jokowi Diperlihatkan 14 Desain Seragam Betawi



Jokowi Diperlihatkan 14 Desain Seragam BetawiTRIBUN/DANY PERMANA
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo diserbu penggemarnya saat menikmati sajian budaya dari peserta Kirab Budaya Rakyat (Kibar) yang berjalan melewati Balaikota Jakarta, Minggu (28/10/2012). Acara tersebut digelar untuk pertama kalinya di Jakarta, guna memperingati hari Sumpah Pemuda.

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Perancang busana Betawi, Emma Amalia Agusbisri, menawarkan 14 desain pakaian adat Betawi untuk digunakan sebagai pakaian dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI. Keempat belas desain tersebut ditunjukkan langsung ke hadapan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Nachrowi Ramli.

Sebanyak 14 desain yang ditawarkan kepada Jokowi mulai dari corak dan warnanya berbeda. Semua desain tersebut sengaja dirancang sesuai dengan muatan lokal budaya Betawi.

"Saat orang melihat, langsung tahu bahwa itu busana Betawi," kata Emma di Balaikota Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Desain yang bercorak Betawi itu, menurutnya, merupakan permintaan khusus Jokowi kepadanya. Jokowi juga meminta agar seragam Betawi itu dibuat dengan model yang senyaman mungkin.

Selain itu, saat digunakan, seragam itu tidak panas dan dapat memudahkan ruang gerak PNS saat melakukan aktivitas kerjanya.

"Jadi, itu contoh-contohnya saja, kata Pak Jokowi semuanya menarik. Kita mengembangkan kebudayaan Betawi sambil berpartisipasi dalam budaya melalui tindakan yang positif," ujarnya.

Emma menjelaskan, seragam Betawi untuk perempuan akan mengenakan pakaian jenis kebaya dan untuk laki-laki menggunakan pakaian lengan panjang dengan menggunakan peci dan sarung yang dikenakan di leher (sadariyah). Bahan dan warna seragamnya berwarna pastel.

"Laki-laki memakai sadariyah dan berwarna putih krem, sedangkan perempuan menggunakan kebaya namanya kebaya Kerancang Betawi. Kain yang akan digunakan pada kebaya perempuan namanya kain pucuk rebung yang mempunyai filosofi untuk tolak bala," katanya.

Rancangan Emma tersebut diberikan kepada Jokowi guna untuk mendukung rencana Pemprov DKI melestarikan budaya Betawi.

"Saya turut mendukung rencana Gubernur mengangkat budaya Betawi, salah satunya ya membuat peraturan pakaian dinas atau seragam busana Betawi ini mulai dari karyawan hingga untuk gubernurnya," kata Emma.

Sumber : kompas.co
m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar